PTPN IV Regional II Cetak Generasi Sehat Bebas Stunting

LIPUTAN FAKTUAL

- Redaksi

Rabu, 6 Maret 2024 - 20:39 WIB

6042 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Medan – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengentasan stunting masuk dalam daftar prioritas PTPN IV Regional II pada 2024. Komitmen ini bertujuan mendukung upaya pemerintah menurunkan prevalensi stunting nasional.

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PTPN IV Regional II ambil peran meningkatkan ketahanan pangan, gizi serta membangun fasilitas-fasilitas penting seperti sumber air bersih dan sanitasi. Selain itu, perusahaan juga rutin menggelar sosialisasi dan konseling bagi kaum ibu.

Region Head PTPN IV Regional II Sudarma Bhakti Lessan berharap dukungan Program TJSL tersebut mampu berkontribusi menurunkan angka stunting sebanyak 3,8% per tahun. Dengan begitu, target penurunan prevalensi nasional menjadi 14% dapat terwujud.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kita ingin seluruh bayi Indonesia lahir dan berkembang dengan sehat. Menjadi generasi emas yang kelak akan membawa negara dan bangsa kita lebih maju,” ujar Sudarma pada Sosialisasi Program Pengentasan Stunting Tahun 2024 di Kota Medan, Senin (4/3/2024).

Program Pengentasan Stunting PTPN IV Tahun 2024 bergulir pada 19-29 Februari 2024. Seremoni program digelar secara serentak oleh PTPN IV Regional I, II, III dan V pada 4 Maret 2024 kemudian disusul PTPN IV Regional IV pada 6 Maret 2024. Dalam pelaksanaannya, setiap kantor regional berkolaborasi dengan sejumlah instansi terkait dan fokus pada masyarakat di sekitar wilayah kerja masing-masing.

Program Pengentasan Stunting Tahun 2024 menyasar total 436 anak. Sebanyak 60 anak di antaranya berasal dari enam kelurahan di Kecamatan Medan Maimun dan 376 lainnya tersebar di seluruh wilayah kerja PTPN IV Regional II. Program ini akan berlangsung selama tiga bulan, mulai dari Maret hingga Mei 2024.

“Anak-anak Indonesia adalah calon generasi emas masa depan bangsa yang harus mendapat perhatian sejak awal perkembangan pertumbuhannya. Kegiatan ini diharapkan tepat sasaran dan berkelanjutan serta menginspirasi pihak lain untuk ikut dalam percepatan program pengentasan stunting,” ujar Sudarma.

Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), prevalensi stunting nasional tercatat 21,6% pada 2022. Sejumlah provinsi berhasil. Misalnya Sumatera Utara yang turun 4,7% menjadi 21,1%, kemudian Kalimantan Barat 2% menjadi 27,8% dan Jambi 4,4% menjadi 18%.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat & Hukum PTPN IV Regional II Muhammad Ridho Nasution, seremoni serentak program pengentasan stunting mencakup rangkaian agenda seperti sosialisasi, pemberian makanan bergizi dan Posyandu.

Program ini turut melibatkan sejumlah instansi, antara lain Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dinas kesehatan, Puskesmas dan kelurahan.

“Dukungan Program TJSL terhadap pencegahan dan penanganan stunting menjadi satu di antara fokus Kementerian BUMN sekaligus prioritas PTPN IV. Semoga program ini berpengaruh positif dan signifikan dalam menghasilkan generasi-generasi penerus yang sehat dan tangguh,” ujar Ridho.

Sosialisasi Program Pengentasan Stunting Tahun 2024 PTPN IV Regional II mengusung tema Hidup Sehat Makanan Bergizi, Bersama Kita Lawan Stunting Wujudkan Generasi Emas. Acara ini dihadiri oleh SEVP Business Support Budi Susanto.

Kemudian Sekretaris Camat Medan Maimun Firza Putra MZ, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Cut Diana Mutia, Koordinator Program Manager Satuan Tugas Percepatan Penurunan Stunting BKKBN Provinsi Sumatera Utara Nurjani Rasyid.

Acara ini juga turut dihadiri para lurah se-Kecamatan Medan Maimun, Kepala Bagian PTPN IV Regional II, Kasubag TJSL PTPN IV Regional II Afni Ria Safitri, Ketua IKBI PTPN IV Regional II Elvidasari Sudarma Bhakti Lessan, Wakil Ketua IKBI PTPN IV Regional II Irawaty Budi Susanto, Pengurus IKBI PTPN IV Regional II serta para perwakilan anak dan orang tua dari enam kelurahan di Kecamatan Medan Maimun.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kapolda: Polda Sumut Bangga Berikan yang Terbaik
Tim Lingkar Paskibra Sumut, Berhasil Berangkatkan peserta didiknya di Tingkat SMA mewakili Sumut
Syaiful Syafri ; Tahun 2025 Grand Final Pemilihan Putra/i Parekraf Sumut Kita Minta Dibuka Gubsu
Edi Tansil Berharap Polisi Proses Laporan Terkait Dugaan Penculikan, Pembakaran Hotel dan Penggelapan Mobil Istrinya
Polisi Amankan 3 Orang Maling Sembako di Rumah Dinas Walikota Medan
Penuhi Hak Warga Binaan, 13 Orang Narapidana Rutan Labuhan Deli Terima Remisi Khusus Hari Raya Waisak Tahun 2024/ 2568 BE
Rolel Harahaf Daftar Calon Walikota, Syaiful Syafri Dukung Berpasangan Dengan Ketua DPC PKB TG. Balai
Syaiful Syafri ; Silaturahmi PKS KE PKB Dibahas Calon Gubsu Dan Wagubsu Untuk Kesejahteraan Umat

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 20:45 WIB

Patroli Mobile Polsek Labuhan Ruku, Antisipasi Kejahatan Dijalan dan Curanmor

Senin, 22 Juli 2024 - 17:25 WIB

Konferensi Pers Polres Batu Bara, Sat Narkoba Ungkap 25 Tersangka BB Sabu 757 Gram dan 1 Buah Sempi Rakitan

Senin, 22 Juli 2024 - 15:47 WIB

Berbekal Pengalaman Sebagai Pendidik, Amri Harahap Yakin Ditangan Jonnis Pendidikan Akan Berkembang Pesat di Batu Bara

Senin, 22 Juli 2024 - 06:44 WIB

Patroli Pesan Kamtibmas Polsek Indrapura, Ciptakan Kondusif Masyarakat Beraktivitas Patroli Pesan Kamtibmas Polsek Indrapura, Ciptakan Kondusif Masyarakat Beraktivitas

Senin, 22 Juli 2024 - 06:28 WIB

Patroli Strong Poin Pos Padat Pagi Hari, Atur Arus Lalulintas Juga Membantu Penyeberangan Anak Sekolah

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:26 WIB

Sedang Cari Barang Bekas, Edi Gidion Sembiring, Menemukan Rudal Aktif di Pinggir Sungai Tanjung

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:53 WIB

Patroli Sat Sabhara Polres Batu Bara, Kenyamanan Umat Kristiani Sedang Beribadah

Minggu, 21 Juli 2024 - 07:55 WIB

Warga Temukan Montir, Kapolsek Indrapura Terjun Lokasi Pasang Police Line

Berita Terbaru